Apapun yang menenteramkan hati kalian, itulah kebaikan;)

Lagi Males Baca?


Barangkali sobat pernah merasa malas untuk membaca tulisan yang sangat banyak? Nah, di posting kali ini bisa jadi akan menjadi solusi buat sobat semua. Beberapa waktu yang lalu, saat lagi googling, saya menemukan aplikasi bagus nih, yakni software yang bisa merubah teks menjadi suara layaknya orang berbicara yang disebut TTS/Teks to Speech. (sebenarnya sudah lama nih aplikasi tersebut eksis)
Nah, aplikasi apa sajakah itu?

Yang pertama adalah Natural Reader (untuk bahasa inggris).
Natural Reader adalah perangkat lunak yang digunakan untuk merubah Teks ke Ucapan dengan bunyi suara alami manusia. Natural Reader menggunakan perangkat lunak yang dapat mengubah teks tertulis apapun seperti MS Word, Web, file PDF, dan Email ke kata yang diucapkan. NaturalReader apapun juga dapat dikonversi ke dalam teks yang ditulis seperti file audio MP3 atau WAV untuk CD player atau iPod.
So, bagi yang ingin belajar bahasa Inggris, software ini cocok sekali. Apalagi tersedia banyak option suara, baik Oke deh, langsung saja bagi sobat yang mau mencobanya bisa di download disini
Yang kedua adalah Indo TTS (untuk bahasa Indonesia)
Kalau yang ini khusus untuk bahasa Indonesia. Jika sobat memiliki bacaan, artikel atau apalah teks yang panjang, tinggal copas saja dan mainkan. Jadi sobat tinggal mendengarkan saja. Yang ingin mencobanya bisa di download disini
Sebenarnya sejarah perkembangan Teks To Speech tersebut sangat panjang, dimulai dari salah satu catatan literatur awal yang berhubungan dengan sintesa ucapan yakni pernyataan seorang ahli matematika dan engineer terkenal yang bernama Leonhard Euler pada tahun 1761. Euler menyatakan “It would be a considerable invention indeed, that of a machine able to mimic speech, with its sounds and articulations. I think it is not imposible”. 
Berdasarkan hasil studi literatur dari berbagai sumber bacaan, perkembangan teknologi pensintesa ucapan dapat dibagi menjadi tiga kurun waktu. Kurun waktu pertama adalah sebelum 1930. Kurun waktu kedua dimulai sejak tahun 1930-an sampai dengan ditemukannya komputer digital. Kurun waktu ketiga dimulai sejak ditemukannya komputer digital hingga sekarang. Wah, yang jelas sejarahnya lumayan panjang dan menarik, saya tidak menuliskannya semua disini, tetapi bagi sobat yang ingin membaca sejarah perkembangan TTS, sobat bisa mendownloadnya disini.

Oke itu saja TTS yang baru saya dapat dari googling beberapa waktu yang lalu. Barangkali ada manfaatnya buat yang lain.
Ditunggu komentarnya yah:)




7 comments:

Sangat bermanfaat sobat,... segera meluncur ke TKP

Hampir lupa ngevote...

he.he.he boleh juaga nih sob buat bikin tutorial..tinggal di combine ke video..sip mantap plend..izin sedot ya.:24

salam malam kawan baru bisa online, baru cobain beowsing safari dr apple dan chrome dr google. ;) menarik juga

keren,... memang bener, tulisan yang terlalu banyak, bkin males baca,... hehe,...

thenkyu yah maz tips nya,...

tetep semangat mas agus ;)perkembangan komputer semakin pesat aja ;)

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41

Posting Komentar

Terima kasih ya atas comment Sahabat:)

 
Photobucket