Apapun yang menenteramkan hati kalian, itulah kebaikan;)

Adab Memakai Sandal

Ternyata  memakai dan melepas alas kaki ada adabnya lho sobat.  Hal tersebut  telah dicontohkan uswah khasanah kita Rasulullah SAW dalam sabdanya :

وَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا اِنْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ, وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ, وَلْتَكُنْ اَلْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ, وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ )

Dari sahabat Ali bin Abi Thalib ra, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang diantara kalian memakai sandal, hendaklah ia mendahulukan bagian yang kanan, dan jika melepaskannya maka hendaklah dimulai dengan bagian yang kiri. Maka hendaklah jadikan bagian yang kanan itu sebagai permulaan ketika memakai sandal dan bagian yang paling akhir saat melepaskannya. “ Muttafaqun ‘alaih.

Tidak hanya itu saja, Nabi SAW pun senang mendahulukan bagian yang kanan dan mengakhirkan yang kiri ketika melakukan perbuatan yang baik seperti memakai baju, menyisir rambut, berwudhu dll. Dan untuk yang kotor-kotor, beliau mendahulukan yang kiri seperti saat masuk WC melangkahkan kaki kiri dahulu, beristinja' (cebok) dengan tangan kiri dllsb.

Dalam memakai alas kaki, Beliau juga tidak memperbolehkan kita memakai hanya sebelah alas kaki saat berjalan. Sebagaimana diterangkan dalam hadist Beliau :

َوَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا يَمْشِ أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ, وَلْيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا, أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا جَمِيعًا ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا

Dari sahabat Dari sahabat Ali bin Abi Thalib RA, bahwasannya Rasulullah SAW. bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kalian berjalan dengan menggunakan satu sandal saja (baik itu yang kanan saja atau yang kiri saja), maka hendaknya ia memakai keduanya atau melepasnya. “ Muttafaqun ‘alaih.

So, hikmah dari larangan tersebut adalah karena kegunaan dari sandal atau sepatu itu sebagai pelindung kaki dari sesuatu yang dapat melukai dan membahayakan. Jika kita menggunakan satu sepatu saja, maka ada satu kaki yang tidak terlindungi. Dan juga tidak termasuk bersikap adil kepada anggota badan kita. Melindungi yang satu tetapi juga menelantarkan yang lain. Ditambah lagi kalau pakainya cuma sebelah kan rasanya tidak nyaman tho? Maka sekali lagi hendaknya ia menggunakan sepasang sandalnya ataupun melepaskan keduanya.

Bagaimana sobat? Sederhana sekali bukan? Meski hanya satu tauladan kecil, jika kita terapkan setiap hari niscaya akan membawa kebaikan bagi diri kita dan itu juga termasuk menghidupkan sunnah. Karena pernah berkata para Salafussholih : "Sederhana dalam sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh (tetapi) dalam bid’ah."(Ibn Mas'ud)

Akhir kata, semoga amalan-amalan yang kita lakukan tiap hari senantiasa terhiaskan tauladan-tauladan dari uswah kita sehingga orang-orang disekitar kita nyaman berada disamping kita dan ikut mencontoh kita juga. 

nb : itu semua bukan hanya berlaku untuk sandal saja, yg jelas alas kaki

ref : Ulil Albab, Muslim.or.id

5 comments:

nice posting kunjungan perdana salam kenal yah.

Infonya bermanfaat tuh... Semangat utk terus berbagi ya ?

bermanfaat mas informasinya. Dalam memakai alas kaki, Beliau juga tidak memperbolehkan kita memakai hanya sebelah alas kaki saat berjalan. (baru taw mas) he3..

pagiiii.........



postingannya bguz juga....





sukses selalu ya ....

trik blog:YA,bener tuh aku juga dah pernah baca hadistnya..

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41

Posting Komentar

Terima kasih ya atas comment Sahabat:)

 
Photobucket