Apapun yang menenteramkan hati kalian, itulah kebaikan;)

Demi Masa; 17 Tahun Hanya Untuk Tidur (Bagian 1)


MUHASABAH MASA
‘DEMI MASA’ manusia sering terlupa
Sehari = 24 jam
Satu TAHUN ?
12 Bulan
52 Minggu
365 Hari
525.600 Menit
31.536.000 Detik

RATA-RATA UMUR MANUSIA
“Umur umatku berkisar antara 60-70 tahun. Sangat sedikit diantara mereka yang umurnya melampaui kisaran itu.”
(HR. At-Tirmidzi 3550, Ibnu Habban 7/246 dan Ibnu Majah 4236, shahih).

BALIGH
Baligh : permulaan untuk seseorang diperhitungkan amal baik atau buruknya selama hidup di dunia.
Laki-laki baligh 15 tahun. Wanita baligh 12 tahun. Usia yang ada untuk beribadah kepadaNya, rata-ratanya:
Mati – baligh = sisa usia => 65 – 15= 50 tahun



50 TAHUN DIGUNAKAN UNTUK APA?
50 tahun = 18.250 hari = 458.000 jam
12 jam siang hari
12 jam malam hari
24 jam sehari semalam

MARI MUHASABAH BERSAMA....
Waktu tidur 8 jam/hari
Dalam 50 tahun waktu yang habis dipakai tidur 18.250 hari x 8 jam=146.000 jam= 16 tahun 7 bulan ; dibulatkan jadi 17 tahun.
Sayang waktu 17 tahun ahbis digunakan untuk tidur, padahal akan tertidur dari dunia untuk selamanya...

Aktivitas di siang hari 12 jam
Dalam waktu 50 tahun waktu yang dipakai untuk aktivitas = 18.250 hari x 12 jam = 219.000 jam = 25 tahun.

Aktivitas di siang hari : ada yang bekerja, bercinta, belajar, mengajar, sekolah, kuliah, makan sambil jalan-jalan dan lain-lain.

Waktu istirahat 4 jam
Dalam 50 tahun waktu yang dipakai untuk istirahat = 18.250 hari x 4 jam= 73.000 jam = 8 tahun.
Istirahat : nonton TV, melihat film, nongkrong, ngrumpi dan atau juga termenung di buai khayalan.
17 tahun + 25 tahun + 8 tahun = 50 tahun

KAPAN BERIBADAH?
Allah ada berfirman;
“Tidak diciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah”.
Maut datang menjemput tak pernah bersahut, malaikat datang menuntut datang untuk merenggut, manusia tak kuasa untuk berkata-kata, Allah maha Kuasa atas syurga dan neraka, Terimalah bagianmu seadanya...

Memang benar!
Menuntut ilmu itu ibadah, kalau niatnya untuk ibadah. Tetapi jika belajar agar mudah mencari pekerjaan, lain perkara. Sekiranya belajar itu tidak membantu menambah pendapatan, tidak belajar...

Memang benar!
Bekerja cari nafkah itu ibadah, tapi bekerja yang bagaimana?
Tidak sedikit orang yang bekerja untuk hiup bermewah-mewahan dan amat kurang sedekahnya. Dan bagaimana pula yang tidak peduli halal haram.

Lalu Kapan Beribadah?
Mungkin shalat 5 waktu dianggap sudah mencukupi...
Karena shalat wajib itu besar pahalanya. Shalat amalan pertama yang dihisab. Shalat untuk membuka pintu syurga...

Benarkah shalat itu mencakupi dan diterima? Berapa banyak shalat dalam 50 tahun?
1 shalat = 10 menit...
5x shalat = 1 jam
Dalam waktu 50 tahun waktu yang terpakai untuk shalat
= 18.250 hari x 1 jam = 18.250 jam = 2 tahun
Waktu 50 tahun didunia hanya 2 tahun untuk shalat. (ini kalau shalat 10 menit! Kalau shalat express seperti ayam patuk tanah, bagaimana?)

2 tahun dari 50 tahun kesempatan...
Itu pun belum tentu shalat bermakna dan diterima.

Dan sepertinya pahala shalat 2 tahun tidak sebanding dengan perbautandosa-dosa selama 50 tahun; dalam percakapan kadang dusta, baik sengaja atau tidak, dalam pembicaraan sering mengiris hati orang tua, dalam harta kekayaan yang sering pelit terhadap orang faqir, dalam setiap perbuatan kadang bergelimang dosa...
***
Secara logika Wallahu a’lam :
Dengan kondisi demikian umat akhir zaman akan berhamburan di neraka untuk mendapatkan balasan kelalaian... terlalu banyak masa yang terbuang sia-sia selama manusia hidup di dunia dan semua itu akan menjadi bencana...

PENYELESAIAN :
Tiada kata terlambat walaupun waktu berlalu cepat. Menggunakan hidup dengan sesuatu yang bermanfaat. Meninggalkan yang sia-sia. Muhasabah dosa-dosa. Ingat-ingat negeri akhirat.

Allahumma salimna...
Allahumma salimna...
Allahumma salimna...


Ditulis ulang oleh agoez3, dari Majalah Mutiara vol 60
Bersambung....


10 comments:

marai eling mati kang?

bikin inget umur nen mas. ;)

Postingannya keren banget mas, membuat kita semakin ingat akan Sang Pencipta. Makasih mas....

subhanallah.. betapa berharganya waktu..


eh, itu dari majalah mutiara amaly ya?
emang bagus majalahnya :)

weih jd inget umur yang smakin tuir nih....smg bisa bertobat.......
:31
salam hangat
joni

kok blm update mas?

@Mas Fahri : Wah, yo mesthi nuh mas...
@Mas Feri : Sama2 mas...
@Mardee : Iya sumbernya dari Majalah Mutiara Amaly
Mas Awal : Wah, memang belum saya update mas. Tunggu yah:)

buzzzzzzzettttt keren banget maz!!!

mantab dech!!!!

wah jdi penulis di majalah jg ea maz???

hebat dunkz maz!!! salut aku! sukses terus yah!!

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41

Posting Komentar

Terima kasih ya atas comment Sahabat:)

 
Photobucket