Apapun yang menenteramkan hati kalian, itulah kebaikan;)

Pasca Kebakaran di Komplek Wisata Candi Prambanan

Hari - hari sibuk karena bersilaturahim lebaran akhirnya usai juga. Besok Senin, 28 September 2009, insya allah semua aktifitas masyarakat akan mulai normal seperti biasanya. Yang jadi PNS, sudah mulai masuk kantor (kalau nggak nambah liburnya), yang jadi murid, sudah masuk sekolah dll. Pedagang-pedagang pun banyak mendapat keuntungan saat lebaran ini. Banyak konsumen yang memborong baju, makanan dllsb. Sehingga pedagang pun merasa senang karena mendapatkan laba yang lebih dibanding hari-hari biasanya.

Namun berbeda halnya dengan para pedagang yang berada di komplek taman Candi Prambanan. Pasalnya, malam Minggu kemaren, 26 September 2009, sebagian besar kios mereka terbakar bersama dengan barang dagangan didalamnya. Barang-barang dagangan yang berupa pakaian, souvenir-souvenir, barang-barang kerajinan dll pun habis menjadi abu. Bahkan ada juga pedagang yang kehilangan uang modal yang diletakkan di dalam kiosnya, tidak tanggung-tanggung, 40 juta rupiah. Ada juga pedagang yang baru saja kulakan barang dagangan, tetapi barang dagangannya ikut raib bersama kiosnya.

Menurut informasi, api berasal dari hubungan pendek arus listrik. Api bermula dari salah satu kios, lalu merembet ke kios-kios lain disekitarnya. Hal tersebut baru diketahui kala api mulai membesar. Maklum, saat-saat itu para pedagang sudah pada pulang. Setelah kebakaran berlangsung beberapa saat, mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api yang mulai menyebar. Akhirnya api pun dapat dipadamkan. Alhamdulillah tidak semua ruko di komplek wisata ini habis terbakar. Beberapa diantaranya selamat dari aksi si jago merah ini. Berikut gambar yang saya ambil tadi pagi, pasca kebakaran.








Para pedagang sibuk memunguti sisa-sisa barang dagangan yang masih bisa dimanfaatkan. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang tidak menemukan sisa-sisa dagangan karena 100% telah habis. Alhasil, mereka mengumpulkan besi-besi sisa bangunan yang masih bisa dijual. Ada juga sebagian yang mengalami luka karena peristiwa itu, tetapi saya tidak tahu persisnya berapa.

Barangkali hanya ini info yang bisa saya tulis, untuk lebih jelasnya silakan googling and surfing sampai mendapat info yang sekomplit-komplitnya.

Akhir kata, Hikmah apa yang dapat kita ambil dari peristiwa ini ?
Silakan dan mari kita renungkan bersama-sama. . .







7 comments:

Mohon maaf baru sempat mampir....
Aku sudah masuk kerja sejak hari kamis kemarin.
Baru tau kalau kompleks candi prambanan habis kebakaran.
yah,... benar sobat. Kita hanya bisa menarik hikmah dari semua peristiwa yang terjadi.Karena pada dasarnya semua itu adalah peringatan dari-Nya.
:12

kasihan banget mereka...
pasti ada hikmah dibalik semuanya.

Ya Allah... kuatkanlah kesabaran mereka, berilah ganti yang lebih baik dan tetapkanlah mereka dalam keimanan

Ya Allah..
sampai kaya gitu ya..
hmm
Semuga mereka di beri ketabahan..
Amin

Astofirloh....saya turut berduka dan prihatin dengan adanya cobaan begitu berat pada mereka, orang kecil, yang selalu berlaku jujur mencari nafkah dengan penuh dedikasi terhadap keluarga dan bangsa.

Kenapa bangsa, karena sektor riel yang mereka gerakkan terbukti turut menjadi pilar berjalannya ekonomi nasional yang tengah didera dampak crisis ekonomi global. Sektor informal tersebut terbukti menyumbang kekuatan ekonomy secara makro. Menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran, yang nota-bene merupakan tugas negera untuk menyelesaikannya. Aktivitas usaha mereka sungguh menjadi andalan untuk menopang beban ekonomi dan sosial yang sebenarnya tangggungjawab para penguasa negeri ini.

Semoga mereka dikuatkan jiwanya sehingga bisa bangkit kembali dengan penuh semangat. Dan pemerintah daerah harus memberikan bantuan modal kepada mereka sehingga mereka bisa memulai kembali usaha ekonominya.

Semoga saja, tragedi tersebut murni kecelakaan alam, bukan buah rekayasa 'pihak-pihak' atau 'oknum' tertentu untuk menggusur mereka. Semoga!

Oiya, terima kasih atas kesempatan untuk berkomentar dan informasi yang telah diberikan. Salam kenal juga, dan semoga kita bisa saling bersua kembali dalam posting yang lain. Have a great day!

numpang beljara n maaf,meskipun lebaran dah lewat,,,tp hati ini selalu terbuka untuk maaf,,,begitu jg saya mungacpkan beribu-ribu maaf kpd semua teman2 blogger,seandainya ja kata2 yg tertulis membuat hati temen2 gundah sekali lagi mohon maaf yg sebesar2nya.....
btw mampir ya,,,tp jajannya dah habis,,,tak apa kannnnn....

@Bang Iwan : It's OK. Thanks ya bang:)
@Mb Narti : Betul sekali itu Mb. Robbana Maa Kholaqta haadza baatila, subhanaka faqinaa 'adzaabannaar...
@Muchlisin : Amiin...
@Ismi : Amiin...
@Pelangi Anak : Benar sekali tu mb, sama-sama, HAVE a GREAT day 4 aLL...:)
@Imam Maksum : Iya bang, Taqoballohu minna waminkum. Waduh, dah habiz yha ???? Tahun depan aja deh, jangan luoa bagianku yha :D

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41

Posting Komentar

Terima kasih ya atas comment Sahabat:)

 
Photobucket