Apapun yang menenteramkan hati kalian, itulah kebaikan;)

Fatwa Ponpes Haram Nonton The Master

Setelah santernya berita tentang pengharaman Facebook oleh MUI, baru-baru ini saya membaca berita tentang pengharaman tayangan The Master (tayangan di salah satu TV swasta) yang dikeluarkan oleh ulama Pondok Pesantren di Jawa Timur. Kali ini giliran perwakilan puluhan Ponpes yang mengharamkan tayangan The Master.

Keputusan pengharaman itu merupakan hasil dari Bahtsul Masail Wustho yang digelar Ponpes Abu Dzarrin, Kendal, Kec. Dander, Bojonegoro. Acara tersebut diikuti puluhan pesantren di Jawa Timur. Diantaranya adalah pimpinan dan ulama Ponpes Sidogiri (Pasuruan), Lirboyo (Kediri), Langitan (Tuban), Al-Khozini (Sidoarjo), PP Tanggir (Tuban), PP Gilang (Babat/Lamongan) dan beberapa pesantren terkenal lainnya.

Juru bicara hasil Bahtsul Masail Wustho, Khorul Rozy, dari LPI Al-Fatimah Bojonegoro membenarkan hal tersebut. Para peserta pertemuan mempertanyakan hukum atraksi The Master dengan slogan mencari bintang tanpa mantera tersebut.

Sebab, kehadiran juara pertama Joe Sandy dan juara putaran kedua Limbad, dalam pertunjukan yang mendebarkan adalah jauh dari jangkauan akal sehat.

Melihat fenomena tersebut, peserta Bahtsul Masail langsung membuka kitab Bughyatul Mustarsyidin. Pada halaman 298-299 diterangkan, kalau pertunjukan tersebut dikategorikan sebagai sihir, maka hukumnya haram.

“Kejadian dalam The Master adalah diluar kebiasaan manusia biasa,” kata Rozy

Diterangkan, sebenarnya kalau The Master masuk dalam kategori asror atau petunjuk dari Allah maka itu diperbolehkan. Namun, ada catatan jika yang melakukan adalah orang yang teguh memegang agama secara sempurna.
“Tujuan juga harus sesuai syariat dan tidak membahayakan orang lain,” tegasnya.

Jika tidak sesuai dengan kategori diatas, maka The Master dihukumi haram. Hal itu sesuai dengan Bughyatul Mustarsyidin, AlFatawi Khadisiyah dan beberapa kitab pegangan lainnya.

Ya, itulah kabar yang baru saja saya baca. Mengenai ada tidaknya unsur sihir dalam acara tersebut, pernah juga dahulu ada berita tentang magician kondang David Cooperfield yang dituduh bersekutu dengan jin dalam setiap aksi pertunjukannya. Ada pula yang mengatakan bahwa itu semua adalah murni trik sulap.

Menurut saya itu semua tidak perlu dibesar-besarkan hingga menimbulkan fitnah kemana-mana. Biarlah yang terjadi itu terjadi selama tidak bertentangan dengan syariat dan tidak pula menimbulkan dampak negatif bagi orang lain. Mengenai hal-hal ghoib, jika benar itu semua, maka biarkan menjadi urusan yang bersangkutan dengan Tuhan. Karena yang saya tahu, kunci dari semua yang  ghoib ini ada di tangan Tuhan.




14 comments:

Assalamu'alaikum Agus, kaifa hal ya akhi...??? afwan kalau tadi malem kata2 mba ada yang menyakitkan :(

Syokron info terbarunya yang ini. Membuat kita harus lebih berfikir apa dan bagaimana nasib negeri kita setelah ini. Terpulang dan kembali kepada cara dan pola pikir warganya. Wallahu'alam.

Gus, ada award di blog mbak untuk Agus, ambil yah... semoga berkenan.

Dari The Master kemarin aku paling seneng ama Joe Sandy. Selebihnya aku gak pernah nonton.
Kalau diharamkan, berarti yang nonton dianggap dosa dong ??
*pusing nih*

hemmm,....

besok apa Lagi yg diharamkan????

hihihihi,...

thankz yah infonya,,,,

Semalem aku sempet nonton sampai abis bro,... ulasannya ada dipostingan aku.

ditunggu komentarnya.

@mb anazkia : tak mengapa mb, barangkali kalau aku terusin pasang itu link, banyak madhorotnya. Thanks ya masukannya kemarin and syukran atas awardnya
@ibu reni : kalau aku seneng semua, terutama jurinya. Soal itu saya juga belum paham, belum tahu ilmunya, serahkan saja pada yang ahli.
@ina : aku juga belum tahu apa lagi, mmm golput, rokok, fb sudahh. gak tahu apa lagi:)
@mas seti@wan : waaah, aku nggak nonton tadi malam, pasti seru nieh..

saya sempat nntn mas, lumayan menarik dari yg baru2 ini. wah2 mulai banyak diharamkan neh. kacau2...

numpang nyepam lagi mas agoes. eh iya gak gabung di top seratus.com ato top site global? ikut aja mas. saran seh ;)

@mas awal : iya nih, fatwa baru bermunculan, tapi menurut saya itu semua kembalikan saja pada diri masing masing, apakah hati kita mengimani atau mengingkari. Itu
Top Seratus ya, dah ikut mas, top site global belum kucoba kayaknya, ya ntar tak lihat dulu mas. Thanks ya infonya:)

jangan-jangan, ngeblog diharamkan juga?...\\


serem.........

wahh jadi binun mo bilang apa... salam kenal ajaa dehh :)

kalo malem sabtu mending nonton kick andy!
lebih bermanfaat..

dlu Facebook, karang The MAster......

besok apa lagi ya,,,,,,




he...e...heeeee....

Duhh.. Gak usah jauh2 dulu.. Liat disekitar kita.

Kadang para peternak ikan lele (ikan2 laen juga) memberikan makan dengan bangkai ayam, bangkai bebek padahal kita tau, yang namanya bangkai itu haram.

Terus apa nantinya ikan lele juga diharamkan jika para ulama itu tau??

:-)

Heheee..

Aneh2 aja..

Padahal kan bagus ntuh the master..

Lgian blom ad bukti klo mereka2 bersekutu dgn jin...

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41

Posting Komentar

Terima kasih ya atas comment Sahabat:)

 
Photobucket